Pertanyaan Juara Dua

Kemarin sempat ngeliat sedikit adegan film Kambing Jantan di TV. Saya sih gak tengah nonton. Cuma pas lagi mau makan, nyalakan TV dan langsung terpapar muka Raditya Dika yang masih aneh menurut saya. Ya.. saat itu kan debutnya ya. Sekarang udah cakepan mas Raditya Dika itu menurut mata saya yang minusnya nambah lagi.

Adegan yang saya dapatkan adalah ketika Raditya Dika ketemu gebetannya pas SD di toilet. Singkat kata ada dialog kayak gini deh:

Cewek: Aku baca blog kamu, loh.

Raditya: Ohya? Makasih. *Raditya ngasih senyum yang sumpah aneh banget seringainya*

Cewek: Iya. Aku suka blog kamu. Bagus. Kenapa gak dibukuin aja?

Raditya: Oh iya.. iya.. idenya menarik *masih ngasih senyum dengan seringai aneh*

Sekitar seminggu sebelumnya, saya bertemu dengan seorang teman. Tidak begitu dekat, kami pernah satu sekolah di kala SMA dan satu fakultas saat kuliah namun berbeda jurusan. Setelah bertegur sapa, tak saya sangka, ia membuka percakapan dengan saya. Well, dia memang terkenal ramah banget orangnya. Setelah bertanya soal kabar, soal tempat tinggal, kerjaan dan hal-hal umum lainnya maka ia memunculkan dialog hampir mirip dengan dialognya Raditya Dika dan mantan gebetannya.

Ia bertanya kenapa saya gak bikin buku.

Pertanyaan ini adalah pertanyaan paling sering saya dapatkan. Bila saya bikin daftar FAQ, pertanyaan ini dulunya pernah jadi pertanyaan sang jawara dalam daftar. Namun 2 tahun belakangan, ia harus rela berada di posisi kedua setelah pertanyaan “Kapan Nikah?”

Menjawab pertanyaan yang sama dari orang yang berbeda itu kadang memang membuat lelah. Selelah kita nyebar kode tapi sang gebetan tak kunjung peka. Selelah menanti jodoh. Selelah mencintai sebelah hati.

Tapi saat itu saya senyum. Karena yang bertanya seorang perempuan yang ketika berbicara senyum tak pernah lepas dari wajahnya. Iya, seperti kantuk. Senyum itu menular.

Jadi sembari senyum saya menjawab, “Iya, ada kok dibikin. Tapi gak jadi-jadi.”

Itu hanya kalimat jawaban singkat yang bisa saya jelaskan. Sebenarnya banyak kalimat sambungan. Tapi saya tahu durasi pertemuan kami itu tidak cocok buat saya adakan curhat selama 1 jam 36 menit, demi mengetahui kenapa saya gak juga bikin buku.

Jadi gini, akan saya jelaskan di sini saja kenapa saya gak juga menerbitkan buku.

  1. Saya pekerja kantoran yang suka letih sepulang kerja, dan butuh hiburan di kala weekend. Jadi saya akan gunakan alasan klasik: “Gak punya waktu” sebagai jawaban pertama.
  2. Saya pernah mencoba tapi lalu setelah halaman ke 60 sekian saya jadi males. Mati ide. Ngerasa alur cerita berjalan lambat. Kurang ilmu. Dan bosen.
  3. Saya pernah ditolak penerbit. Itu artinya tulisan saya gak cukup kece untuk memenuhi keinginan pasar dan penerbit tentunya.
  4. Saya cuma blogger amatiran yang suka curhat. Nulis santai sederhana. Dan bikin sebuah buku gak sesederhana itu, teman.
  5. Meskipun kamu katakan tulisan saya bagus dan kamu suka. Penerbit dan pasar tidak sependapat dengan kamu. Maaf. Lagi. Saya ini cuma tukang curhat. Nulis artikel yang terkesan ekslusif atau cerdas dikit aja saya gak mampu.
  6. Saya saat ini memang tengah fokus menerbitkan buku. Buku Nikah. Memang gak harus seleksi di editor namun tetep ini gak kalah sulit tantangannya dengan bikin novel. Jadi doakan aja. Setidaknya ada satu jenis buku yang berhasil saya bikin.
  7. Saya gak sekece badai Raditya Dika yang tulisannya mampu membuat editor jatuh cinta. Tulisan saya kalah jauh. Masih banyak blogger lainnya yang tulisannya kocak dan cerdas yang mampu menghibur hati yang lara nan kesepian.

Jadi begitulah. Itulah alasan saya kenapa saya gak punya buku. Bukan gak mau. Mau banget malah. Tapi ya itu tadi, baca lagi alasan nomer 1 hingga 7.

Mungkin someday, ya. Mungkin.

One thought on “Pertanyaan Juara Dua

Leave a Reply

