Balada Diajak Kenalan

“Lia, ada yang mau kenalan ama kakak nih?” Ucap saya membuka curhatan pada adik saya.

“Ya udah kenalan aja, gih.”

“Males. Males kali udah kakak kenalan ama orang. Membahas hal-hal yang itu-itu aja. Pasti dia tanyanya: soal kerjaan, asal aslinya dari mana, orangtua asli mana, anak keberapa, kuliah di mana, leting berapa. Bosan kakak jawab yang sama.”

“Kan kenalan emang gitu, Kak.”

“Itu dia masalahnya. Kenalan emang gitu. Dan selama hidup udah gak tau berapa ratus orang yang kakak hadapi soal berkenalan. Udah berkali-kali kakak menjawab hal yang sama untuk pertanyaan mereka. Kakak bosan.”

Adik saya tertawa, “Tapi kan orangnya beda-beda, kak?”

“Tapi pertanyaan mereka sama. Jawaban kakak juga sama. Yang bosan kan Kakak, Coba mereka ngasih pertanyaan yang lebih kreatif dikit. Semisal “Planet ketiga dari Bumi itu apa? Atau Rumah kakak berada di garis lintang dan bujur berapa? Atau kakak lahir saat era pemerintahan apa? Orde baru atau Gotong Royong? Kan seru. Gak monoton.” saya semacam frustrasi.

Usai ketawa adik saya melanjutkan, “Ya udah gini aja, ntar kakak buat jawaban-jawaban atas pertanyaan itu di memo. Jadi ntar pas ada yang ngasih pertanyaan dengan jawaban yang sama kakak tinggal copy paste aja.”

Saya mulai tersenyum mendengar ide briliant adik saya.

“Gimana?” tanyanya lagi atas pendapatnya.

“Bisa tuh, Lia. Ide bagus tuh.”

“Oke. Fine. Masalah kelar.”

“Etapi, gimana kalau setelah tulis kakak screenshoot aja? Ntar pas ada yang kenalan dan ngasih pertanyaan langsung kakak kasih semua list jawaban itu. Ini kan jadi lebih praktis. Kakak gak bosan dan dia gak capek lagi harus bertanya pertanyaan standar yang umum, kan?”

“Lebih bagus lagi tu, Kak.”

“Sip.”

2 thoughts on “Balada Diajak Kenalan

Leave a Reply

