Menyeimbangkan Hidup

Hidup memang luar biasa. Jejak yang dibuat oleh langkah kaki kita menciptakan peta yang menggambarkan semua aspek hidup kita utuh. Dari segala perintilan. Dari remeh hingga pelik. Dari tawa hingga tangis. Dari kemarin hingga esok.

Tawa-tawa saya banyak. Tangis saya tak mau kalah. Saya berdiri atas kejatuhan-kejatuhan. Kejatuhan ciptaan sendiri, kejatuhan keputusan orang lain, kejatuhan dari takdir-Nya.

Saya telah mengalami patah hati terhebat. Telah merasakan ditinggalkan yang amat pilu. Saya pernah terluka begitu dalam. Saya pernah terinjak harga dirinya hingga begitu lusuh. Semuanya dilakukan bergantian oleh orang-orang berbeda.

Kadang kala, saat saya telah mampu tertawa setelah melewati masa curahan air mata terkuras begitu banyak, saya merasa takut. Trauma. Sifat defensif alami. Pertahahanan diri. Manusiawi.

 

Karena saya takut. Bukan. Amat takut ketika saya harus berusaha keras membuka mata di pagi hari menghadapi dunia. Harus terseok-seok melewatkan tiap menit kehidupan dengan irisan luka yang bernanah. Dan masih harus berurai air mata menutup hari. Untuk semua itu, jujur saja, saya enggan merasakannya lagi.

 

Namun, saya tahu. Seberapapun bahagianya saya sekarang. Segimanapun baik-baik saja saya sekarang. Hidup saya masih kurang.

Menyeimbangkan kehidupan itu bisa saja saya lakukan sendiri. Saya yakin. Namun sulit. Sungguh sulit. Seperti neraca yang tak akan imbang bila hanya ada saldo kredit. Seperti itu juga hidup saya yang tak imbang bila hanya saya sendiri.

 

Maka, maukah kamu berdiri di sebelah saya. Menyeimbangkan hidup saya. sebagai imbalannya, pasti hidupmu-pun akan saya imbangi.

 

Sebelum itu, teman saya main jungkat jungkit ini dulu.

12277246_10204121558193733_1011026914_n

 

Leave a Reply

