Bertepuk Sebelah Tangan

Aku tidak akan memaksamu mencintaiku. Tidak akan pernah terjadi lagi.

 

Memang benar sakit rasanya mengetahui bahwa cintaku bertepuk sebelah tangan. Sebelah tanganmu malah kau tepukkan pada hati wanita lain. Aku nelangsa.

Sebenarnya aku ingin marah. Berangkara murka. Ingin kucakar wajahmu. Kucongkel hatimu lalu kubuang ke Philadelphia. Jauh. Agar cintamu dan cintanya tak bersatu. Agar kau tahu sesakit itu hatiku.

Teriris. Apa kurangku? Apa salahku? Apa lebihnya? Apa benarnya? Kenapa bisa kamu memilih dia lalu meninggalkan aku? Kamu tahu pertanyaan-pertanyaan itu menggentayangi malamku yang galau. Jangan tanya bila hujan menderas. Tingkat kegalauanku akan berbanding lurus.

Aku bukan perempuan kuat seperti yang kamu katakan. Tidak. Aku bahkan menangis hingga air mataku menjadi muara segala kesedihan. Aku terlalu pilu ketika kamu meninggalkanku.

Aku bukan perempuan pintar seperti yang kamu katakan. Tidak. Aku terlalu bodoh untuk terlalu mencintaimu dan membiarkan kamu menguasai hidupku. Hingga tanpamu serasa hidupku bagai mayat hidup.

Aku bukan perempuan cantik seperti yang kamu katakan. Karena nyatanya aku tak cukup cantik untuk menahanmu tak lari dari hidupku.

 

Aku hanya perempuan. Yang kehilanganmu lalu terluka. Terpuruk. Memburuk. Lalu dunia tertawa menambah hiruk. Aku kian kikuk. Bungkuk.

Semalam aku melihat ratusan poto-poto yang pernah kita abadikan bersama. Kusadari satu hal. Sebagai pasangan, tangan kita tak pernah bergenggaman. Itu tercetak di semua poto. Di semua moment.

Tawaku buncah. Aku tahu sekarang. Ini bukan karena aku tak kuat, pintar dan cantik. Ini hanya karena aku yang tak pernah mengambilnya darimu. Sesuatu yang tak kalah penting dari hati.

Iya. Saat mencintai, selain harus mengambil hati dari seseorang yang dicintai, aku juga seharusnya mengambil tangannya. Agar cinta tak bertepuk sebelah tangan. Agar tak mencintai sendirian. Seperti aku.

 

One thought on “Bertepuk Sebelah Tangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s