Beberapa Hal yang Akan Membuat Mutasi Tak Lagi Menjadi Momok

Mutasi rutin menjadi momok bagi karyawan di perusahaan saya. Setiap kali surat perintah mutasi keluar jantung berdegup kencang. Harap-harap cemasonion-emoticons-set-6-136 . Ada yang berharap bisa pulang ke kampung asalnya atau minimal lebih dekat ke jalan pulang. Ada yang cemas bilamana dipindahkan semakin jauh dari rumah. Atau yang lebih naas. Lebih jauh dari peradaban.

Sebagai perusahaan yang mempunya cabang hingga ke pelosok negeri. Mutasi bukan hal yang enak didengar. Apalagi dijalankan. Namun demi tabung gas tak diganti dengan kayu bakar, demi rupiah yang mengalir ke rekening tiap tanggal 25, demi bisa travelling lalu check in di Path, juga demi kau dan si buah hati, mau gak mau, suka gak suka, ya harus mutasi bila diperintahkan.

Bukan cuma perusahaan saya tentunya. Fenomena seperti ini juga lazim di perusahaan perbankan. Mutasi rutin. Mutasi harga mati.

Menilik fenomena mutasi ini tetiba saya kepikiran beberapa benda yang mungkin akan lebih memudahkan hidup kalau harus merantau jauh dari kampung. Bisa juga membuat mutasi bukan lagi momok bagi para karyawan tukang ngeluh kayak saya.

Ini dia beberapa bendanya.

  1. Truk Rumah

Atau apapun namanya yang kamu tahu.

314702_truk-kastil-_663_382Dengan adanya benda ini mutasi gak bikin repot. Gak perlu lagi yang namanya packing dan berkemas untuk pindahan. Gak perlu repot lagi mencari tempat tinggal baru.

Bila diperintahkan pindah ya sudah tinggal kemudikan saja truk yang juga menjadi tempat tinggal ke kota baru yang akan dituju.

2. Pintu Kemana Saja Doraemonimages

Saya rasa gak satupun insan perusahaan saya yang gak memimpikan agar benda ini menjadi nyata. Bagaimana tidak, siapa sih yang meragukan kehebatan benda ini. Semisal rumah kamu di Banda Aceh lalu penempatan tugas di Halmahera. Siapkan saja Pintu Kemana Saja di dalam kamar. Setelah sarapan dan memakai seragam hendak ke kantor, buka Pintu Kemana Saja si Doraemon yang terletak di Banda Aceh lalu tetapkan tujuan ke Halmahera. Emejing. No need any transportation. Cuma Pintu Kemana Saja yang emejing.

Dapet surat mutasi. Wesss… biasa onion-emoticons-set-6-109

3. LUVluv

Di tahun 2000-an ada sebuah sinetron fantasi remaja yang mengisahkan sekumpulan remaja SMP yang bisa berpindah tempat hanya dengan bantuan sebuah kaca pembesar dan selembar poto. Cara kerjanya yaitu tempatkan kaca pembesar ke sebuah poto yang ingin  didatangi. Lalu dalam hitungan kesekian detik tibalah para remaja-remaja tersebut (yang tokoh utamanya menurut ingatan kecil saya ganteng)di tempat persis di poto. Emejing. onion-emoticons-set-6-19

Saat mempelajari IPA ketika SD selain untuk memperbesar penampakan objek yang ingin dilihat kaca pembesar juga berfungsi untuk menyalakan api bila kita menaruhnya di bawah sinar matahari.

Karena selalu gagal  onion-emoticons-set-6-40menimbulkan api seperti teori yang dikumandangkan tentang kaca pembesar maka ketika kecil ingusan dulu saya menempatkan kaca pembesar ke sebuah poto.

Gagal jugaonion-emoticons-set-6-62 . Kaca pembesar tidak memindahkan saya ke manapun seperti abang ganteng dkk di sinetron LUV itu. Kaca pembesar juga tak mau membakar kertas yang udah saya paparkan kaca pembesar di bawah terik matahari.

Namun, dasar pengkhayal kelas wahid. Saya tetap mengandaikan kaca pembesar ajaib itu bisa saya dapatkan hingga saya bisa menggunakannya untuk ke Belanda tanpa ongkos pesawat onion-emoticons-set-6-48

4. Sabar

Sabar adpindaha hal terakhir yang kita perlukan bila dimutasi ke manapun yang namanya jauh. Karena Ketiga hal diatas cuma satu yang nyata dan yang lainnya hanya angannya angan kita yang paling bodoh. Satu yang nyata itupun hingga kini cuma bisa saya impikan tanpa mampu realisasikan.

Sudahlah. Mutasi. Selama masih digaji jangan sakit hati. Karena sejauh apapun kamu merantau, ingatlah Tuhan tak akan pernah jauh darimu onion-emoticons-set-6-87

2 thoughts on “Beberapa Hal yang Akan Membuat Mutasi Tak Lagi Menjadi Momok

Leave a Reply

