Saldo Bikin Stress

Passport selesai kini tinggal ribet ngurus visa. Saya gak tau kalau ternyata pengajuan visa itu gak semuanya diterima. Dan ternyata syarat mendapatkan visa itu kok ya ribetnya nyaingin syarat mau nikah siy?

Okay.. mungkin ini siy semacam latihan buat saya sebelum nikah. Ribet-ribetan dulu ngurus visa sebelum ribet-ribetan ngurus buku nikah.

Bentar, teringat soal buku nikah, saya teringat tunangan saya yang karena saking sibuknya gak bisa nikahin saya tahun ini. Bentar ya, saya mau nyapa dia dulu. Mau tau masih hidup apa kagak.

Oke. Masih hidup. Masih ada harapan saya menikah tahun depan. Tapi sebelum nikah saya mau foya-foya dulu. Mau liburan selagi single dulu. Dan seperti yang saya bilang kemarin di sini, pas banget ada tiket promo.

Visa.

Hal pertama yang saya tau dari syarat ngurus visa adalah kalau kita diharuskan mempunyai saldo di rekening dengan jumlah tertentu dan minimal saldo itu ngendap selama 3 bulan.

Berapa saldonya?

Awalnya dikata 10 juta.

Aman. Ada lah segitu.

Seminggu kemudian saya baca-baca blog orang yang telah pergi ke korea katanya saldo rekening bank harus ada sekitar 20 juta. Menurut Bapak Agen Pengurusan Visa juga, minimal saldo sekitar 20-25 juta. Hal ini katanya sudah ia konfirmasi ke pihak kedutaan di Jakarta.

Ebuset.. naik euy.

Sampai sini saya mulai mikir. Soalnya selama ini tabungan saya itu dalam bentuk emas. Iya. Saya berinvestasi emas. Saya gak punya tuh saldo bank kecuali untuk kebutuhan hari-hari. Investasi emas saya lakukan karena saya paling gak bisa nyimpen uang. Lain halnya kalau udah berbentuk emas. Saya jadi lebih hemat.

Sempat kepikiran kalau ingin saya gadaikan saja emas-emasnya demi saldo saya meningkat.

Tapi lalu… ada kabar lagi kalau ke korea itu butuh saldo rekening 50 juta.

stoned onion head

EBUSET. 50 JUTA WOY… setahu saya ini kalau mau ke Eropa baru segini.

Ini ngapain coba uang segitu dipake ke KOREA? Apa saya udah gila? nonono onion head

Emang siy, saya tau ketentuan minimal saldo ini hanya supaya meyakinkan pihak kedutaan aja kalau kita di sana terjamin secara financial dan gak jadi pengemis di negeri abang Lee Dong Wook yang badannya nyenderable banget. Tapi ya, mikir juga lah. Ngapain coba minimal saldo 50 juta. Minimal ya. 50 juta ya. Ebuset noooo onion head

Sampe di sini saya dan temen-temen saya mulai stress. Mulai susah tidur. Mulai susah makan. Okeh.. 2 terakhir itu saya aja yang ngalamin itu juga gegara jadi anak kost yang ngekost di daerah pelosok.

Fiuh.. kami ini hanya ingin liburan. Hanya ingin poto-poto terus pamer di instagram. Bukan pengen buka warung babi panggang dan soju pinggir jalan di sana.

Padahal menurut saya 10 juta cukuplah jadi saldo minimal. Bahkan juga ada beberapa blog yang menyatakan kalau ia bisa mendapatkan visa hanya dengan jumlah saldo 10 juta. Ada juga yang 20 juta. Nah.. berhubung passport saya masih kosong dan belum pernah ada cap visanya, maka saya berusaha yang maksimal aja. Lagian saya gak mau rugi udah beli tiket.

Maka jadilah saldo rekening saya 30 juta. Cuma segitu kemampuan sayasweating onion head . Untung juga kemarin selain gaji ada tambahan dari uang lembur dan uang tunjangan cuti.

Maka dengan saldo 30 juta ini saya cetak rekening Koran selama 3 bulan terakhir. Karena ngurus visanya bulan 10. Maka saya cetak rekening Koran bulan 7, 8 dan 9.

Oiya. Kenapa saya ribet soal saldo dan rekening Koran? Karena hal ini merupakan salah satu syarat kelengkapan dokumen pengajuan visa.

Berikut beberapa dokumen untuk mengajukan visa.

  1. Passport asli
  2. Fotokopi passport
  3. Formulir aplikasi (http://idn.mofat.go.kr/languange/as/idn/im)
  4. Pas photo 2 lembar (ukuran dan warna latarnya beda-beda info yang saya dapat, jadinya saya ngasih 3×4 warna 2 lembar, dan 3×4 latar putih 2 lembar juga 4×5 latar putih 2 lembar)
  5. Fotokopi kartu keluarga
  6. Surat keterangan bekerja (bila telah bekerja)
  7. SIUP tempat bekerja
  8. Surat keterangan mahasiswa/pelajar (bila masih kuliah atau sekolah)
  9. Fotokopi Bukti Keuangan (pilih satu atau lebih)
  10. Fotokopi SPT no 1770/1770 ss
  11. Rekening Koran selama 3 bulan terakhir dengan minimal saldo 30 juta.
  12. Referensi Bank
  13. Slip Gaji (bila bekerja)
  14. Kartu Jamsostek
  15. Fotokopi e-Ticket
  16. Fotokopi e-Accomodation
  17. Itinerary selama di Korea
  18. ID Card
  19. Fotokopi Akta Kelahiran

Yang saya baca-baca dari blog orang yang udah pernah ngurus visa, lebih baik dokumen itu selengkap mungkin. Jadi ya saya usahakan memberikan semua dokumen itu. Sampai-sampai kartu jamsostek dan NPWP pun saya fotokopi. Fiuh..

Deg-degan euy…smoking1 onion head

Yang ngurus visa saya dan temen-temen yang akan berangkat ke Korea adalah salah satu temennya kami yang udah pernah ngurus visa. Kami minta tolong sama dia. Gak jadi pake Bapak Agen Pengurus Visa. Mahal euy ama dia. Visa Korea Rp480.000. fee buat dia Rp600.000. total bayar Rp1.080.000. Fiuh…

Sama si temen ini kami cukup bayar Rp600.000 aja. Kelebihan setelah dipotong uang visa itu kami anggap buat ongkos jalannya dia aja.

Konon kalau suruh bikin ama travel biayanya Rp700.000. Tapi mah, orang travel cerewet. Kitanya mesti punya saldo minimal 50 juta di rekening Koran.

Akhirnya setelah semua dokumen lengkap berkas kami dikirim tanggal 1 Oktober lalu. Dan baru ada kabar mengenai visa kami di tanggal 20.

Yeaaaay…love onion head

Akhirnya visa kami semuanya diterima euy. Kami boleh ke Korea.

Ajaib. Pikir saya.

Soalnya saya ngerasa syarat saya banyak yang kurang. Pertama mengenai jumlah minimal saldo rekening Koran, kedua passportnya saya masih virgin kayak saya (eh?)

Ternyata saya dapet visanya.

Senang bukan main. Gelisah selama 3 minggu sirna sudah.

Koreaaaa… I am coming wow2 onion head

3 thoughts on “Saldo Bikin Stress

    1. Situasi dan kondisinya aja sih yg membuat gini. Pas ada tiket murah. Pas diajakin temen. Pas ada temen jalan. Pas ada waktu.

      Bukan berarti gak pengen jalan2 yg dalam negeri sih.
      Mungkin next time. Karena kalau dalam negeri kan gak mesti ada temen jalan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s