Bikin Passport

Gagal menikah, cuti tahun ini saya pakai buat liburan. Emang siy, udah niat dari awal, kalau batal nikah tahun ini saya emang bakal liburan ke luar negeri. Foya-foya. Ngilangin stress. Awalnya destinasinya paling yang deket-deket aja kayak Malaysia, Singapore, Thailand. Eh… gak taunya tetiba pada suatu malam seorang temen mengatakan kalau lagi ada promo tiket murah ke Korea. Maka… jadilah saya mengatur liburan ke korea. Pas ada temen jalan, pas ada tiket murah, pas cuti belum kepake, pas nikah yang tertunda, pas ada duit.

Yihaaaaaaaaaaaa…

Tiket dibeli.

Tapi lalu… saya belum punya passport.

Iya. Saya sama sekali belum pernah pergi ke luar negeri, makanya gak punya passport. Karena tiket udah dibeli (Cuma maskapai Air Asia bisa beli tiket tanpa adanya nomor passport) maka saya bikin passport dulu.

Ternyata bikin passport itu gak njelimet. Kebetulan saat itu saya juga gak pake antri lama karena datang pagi-pagi. Apalagi saya juga udah daftar online.

Jadi menurut temen, alangkah baiknya kita mendaftar online dulu sebelum datang ke kantor imigrasi biar cepet kelar. Ya.. walaupun udah nyampe di sana kitanya disuruh tunggu dulu dengan alasan diri kita didata dulu. Lah? Leh? Loh? Kan kita udah data online kan?

Udah iyain aja. Emang gitu (mungkin juga ini hanya gaya kantor imigrasi di Aceh). Tapi yang jelas kalau kita udah daftar online ada prosedur yang kita lewati di kantor imigrasi yang akhirnya bikin proses kita cepat kelar. Gegara inilah hingga ada ibu-ibu sewot kenapa saya duluan yang dipanggil tuk poto padahal dia duluan datang.

Nah.. berikut langkah-langkah yang bakal saya beritahukan kalau kamu sama kayak saya yang belum pernah keluar negeri hingga gak punya passport.

ONLINE:

  1. Daftar Online di imigrasi.go.id. Masuk ke menu Pra Permohonan Passport. Lalu isi data sesuai yang diminta.
  2. Setelah data diisi ntar mereka ngirim email konfirmasi. Dalam email itu ada lampiran surat pengantar ke bank.
  3. Bawa surat pengantar ke bank BNI (konon katanya harus BNI) dan bayar Rp355.000+5000 (adm bank)= Rp360.000
  4. Setelah bayar entar kita bakal konfirmasi lagi di webnya untuk memilih kapan jadwal datang ngurus passport.
  5. Bawa bukti bayar dari bank ke kantor imigrasi.

DI KANTOR IMIGRASI

  1. Siapkan dokumen asli dan fotokopi: KTP, KK, Ijazah, Akta Kelahiran, dan Surat Keterangan Bekerja dari kantor kamu bila status di KTP kamu Karyawan.
  2. Isi form yang dikasih oleh petugas imigrasi. Iya. Emang. Kita udah daftar online kan? Udah iyain aja. Isi aja.
  3. Masukan semua fotokopi dokumen dan form ke dalam map yang diberikan petugas imigrasi dan serahkan melalui loket 1 (kalau gak salah).
  4. Katakan pada petugas loket kalau kita sudah daftar online dan minta nomer antrian. Ntar petugas loket bilang kalau data kita harus diinput ulang. Lah? Leh? Loh? Kita udah daftar online kan? Udah iyain aja.
  5. Tunggu dipanggil. Setelah itu baru kita dapat nomor antrian pembayaran.
  6. Nah di loket pembayaran bilang aja kita udah bayar di bank dengan nunjukin bukti pembayaran dari bank BNI.
  7. Setelah itu kita dapet nomor antrian lagi. kali ini nomer antrian untuk poto. Sebaiknya jangan memakai baju putih atau jilbab putih karena latar poto putih. Dan.. bagi kamu pengguna contact lens harap dilepas dulu itu lensanya. Soalnya ntar saat dipoto akan keliatan retina kita aneh dan gak pas. Saya aja yang contact lens-nya warna bening dan selama ini berhasil mengelabui banyak orang ketauan juga oleh si kamera imigrasi euy.
  8. Setelah poto kita diwawancara dan diminta memperlihatkan dokumen asli (KTP, KK, Ijazah, Akta Kelahiran).
  9. Saat wawancara palingan ditanya apa tujuan kita buat passport. Pelis… jangan bilang ingin liburan karena patah hati ditundanya pernikahan. Pelis jangan. Pelis…
  10. Saat wawancara juga ditanya apakah nama kita udah betol atau kagak. Saat wawancara juga gak ditanya aneh-aneh asalkan kamu juga gak jawab aneh-aneh saat ditanya apa tujuan bikin passport.
  11. Setelah itu petugas imigrasi ngasih lagi bukti pembayaran bank tadi yang telah distempel tanggal pengambilan passport. Bukti ini disimpan ya.
  12. Biasanya passport kelar 3 hari kerja dari pengurusan. Nah. Saat tanggal yang tertera datang. Maka pergilah ke kantor imigrasi lagi untuk ambil passport kita yang udah jadi dengan menyerahkan bukti pembayaran bank.

Naah.. itu langkah-langkah (kok banyak ya?) untuk bikin passport. Langkah-langkah ini sebenarnya didikte oleh teman saya yang telah terlebih dahulu ngurus passport. Soalnya saya yang kini tinggal di daerah karena bekerja butuh waktu khusus ke ibukota propinsi untuk bikin passportnya. Makanya saya tanya syarat dan caranya yang lengkap biar gak ribet bolak-balik.

Maka dari itu selesailah passport saya

4 thoughts on “Bikin Passport

Leave a Reply

