Gak Bisa Simpen Duit? Simpen Emas Aja

Akhirnya saya sadar satu hal. Selain betapa susahnya saya untuk gemuk, saya juga susah nyimpen duit.

Dulu-dulu ketika saya bekerja di dua tempat sebelum kantor ini, alasan saya gak punya tabungan karena gajinya yang memang ngepas banget. Alhasil bila gajian tanggal 1 tanggal 15 saya udah bisa gigit jari. Itu bukan ngepas dong ya tapi kurang.

Kini bekerja di kantor sekarang Alhamdulillah gajinya sudah lebih banyak dan jauh dari cukup buat saya. Belum lagi ada uang-uang selain gaji yang rutin diberikan. Herannya dengan nominal uang yang segitu rekening saya tetep aja lancarnya habisnya. Kalau dulu tanggal 15 udah gigit jari, sekarang setiap tanggal 24 dompet emang udah kosong. Siap menampung lembar-lembar baru dari gaji yang masuk tanggal 25.

Iya. Sedikit beda. Kalau dulu kurang sekarang pas banget. Pas tanggalnya pas habis. Ebuset banget scary onion head

Ternyata saya orangnya ya gitu, selama saldo masih ada di rekening. Selama kartu atm masih di tangan. Selama anjungan ATM-nya masih ada dan gak offline, saya lancar jaya melakukan penarikan. Ada aja hasrat dari diri saya untuk membuat saldo itu perlahan tapi pasti hingga menyisakan rupiah yang tak mampu lagi ditarik di ATM.

Mengetahui hal ini saya mulai berpikir kalau menabung di bank ataupun di celengan bukanlah gaya saya. Gak bisa. Akhirnya saya memutuskan untuk berinvestasi emas aja. Jadinya setiap bulan saya beli emas sekitar 5 gram. Setelah beli itu baru sisa gajinya bebas saya beli apa aja. Misalnya untuk kebutuhan pokok hari-hari, untuk nongkrong2 cantik, dan untuk belanja-belanja. Intinya, tiap dapet gaji, beli aja emasnya dulu.

Ada siy kadang saya gak beli, bila mengingat pengeluaran di bulan tersebut akan banyak karena ada keperluan mendadak dan penting banget.

Tapi sebenarnya tetep bisa kok niat saya beli emas 5 gram tiap bulannya bila uang saya kurang.

Gimana caranya?

Beli emas secara angsuran aja. Pertama cek dulu harga emas hari ini di www.pegadaian.co.id. Setelah itu ya tinggal pergi ke outlet-outlet Pegadaian Syariah terdekat untuk mengajukan pembelian emas secara angsuran. Dengan uang muka 20% kita bisa milih mau beli emas yang berapa gram. Bisa 5 gram. Bisa 10 gram. 25 gram atau sekilo sekalian.

Jangka waktu pembayarannya pun bisa kita pilih. Kalau saya sih milih yang 3 bulan aja. Biar cepet. Ada juga jangka waktu pilihan 6 bulan, 12 bulan, 18 bulan hingga 3 tahun.

Jadi ya kira-kira, kalau saya beli emas yang 5 gram jangka waktu 3 bulan dengan asumsi harga saat beli Rp2.475.000 (harga tanggal 23 Oktober 2014). Maka saya membayar uang muka Rp574.000 (sudah termasuk adm, margin, ongkir dan asuransi). Lalu entar angsuran perbulannya hanya Rp682.000 saja.

Bentar… saya ngitung-ngitung dulu.

Gaji segini. Keperluan hidup segitu. Keperluan hiburan segono.

Yihaaaa…

Kalau Cuma 600 ratusan ribu perbulan masih cukuplah duit saya buat beli emas wew onion head

Nah, membuat akad pembelian emas secara angsuran di Pegadaian Syariah ini syaratnya mudah. Cuma ngasih fotokopi KTP doang. Trus bayar uang muka. Kelar. Entar tiap bulannya kita tinggal bayar angsuran sesuai akad. Harga emas yang kita bayar perbulannya juga sesuai harga emas saat akad tercipta. Jadi apabila harga emas naik bulan depan saat kita bayar angsuran pertama itu gak ngaruh. Tetep aja kita pake harga pas akad.

Mudah kan?

Entar kalau udah selesai angsurannya, baru deh emasnya bisa diambil. Disimpan baik-baik. Lalu beli lagi emas angsuran yang baru. Buat tabungan jangka panjang. Untuk naik haji, untuk bikin rumah, atau untuk biaya anak sekolah. Kalau saya siy buat tabungan modal nikah saya relax1 onion head

Seperti yang saya sebutkan di awal, saya gak bisa menyimpan uang tunai. Makanya alternatifnya saya investasi emas karena dengan ini tindakan foya-foya saya lebih terkontrol. Karena tarik uang di ATM itu mudah, tapi menjual emas bila cuma untuk foya-foya itu agak lebih berat karena kasihan emasnya. Huhuhuhu.

Nah.. Pegadaian hadir memberikan solusi bagi kita yang pengen memiliki emas tapi penghasilan bulanan gak cukup buat beli tunai. Dengan angsuran, investasi emas bukan hal yang mustahil bagi kita yang cuma pegawai biasa dengan gaji biasa.

Ah… Pegadaian memang mengatasi masalah tanpa masalah.

Ini nih penampakan emas yang saya beli di Pegadaian. Emas PT ANTAM dengan kadar 99.99%

 

IMG_20140207_142631

Yaaah… semoga aja saya kali ini dapet uang tambahan dari Cermati.com jadinya bisa saya pake buat uang muka cicilan emas selanjutnya.

banner lomba

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Share Tips Menabungmu bersama Blog Emak Gaoel dan Cermati”

 

8 thoughts on “Gak Bisa Simpen Duit? Simpen Emas Aja

  1. Alternatif yg bagus…
    Nabung dulu baru balanja..
    Klw blanja dulu baru nabung, ga bakalan nabung2 dah..😂😂😂😂

  2. Tiap mau beli emas, ada suara ghaib berbisik “nanti nikah kan dikasih emas juga sebagai maharnya… ngapain beli emas… udah… beli bakso aja…”

Leave a Reply

