Tepat

Saat kamu lahir saya belumlah lahir. Saat usiamu beranjak 18 bulan barulah saya lahir di dunia ini. Selanjutnya kita menjalani hidup tanpa saling mengenal satu sama lain.

Mungkin iya, ada pada suatu lokasi di kota tempat kita tinggal dan besar kita saling berpapasan, namun takdir saat itu tidak menginginkan kita bersinggungan. Mungkin. Mungkin juga selama hidup, memang tak sekalipun kita berpapasan. Mungkin.

Lalu usia demi usia kita jalani tanpa sedikitpun menyangka bahwa kamu suatu ketika akan bertemu dengan perempuan seperti saya. Hari-hari yang saya jalanipun tanpa ada aba-aba bila suatu hari ada masa di mana saya berkenalan dengan kamu.

Babak demi babak episode hidup kita terus berganti dan di dalamnya para pemain datang dan pergi dari hidup kita. Namun kita masih terus terpencar. Kita masih bertanya-tanya siapakan belahan dari diri kita yang sebenarnya.

Sampai pada usia saya menjelang 25 dan kamu menjelang 27 akhirnya alam memutuskan sudah saatnya kita bertemu. Kita memang bukanlah Adam dan Hawa yang bersama-terpisah-lalu bertemu. Kita terpisah tanpa pernah bersama untuk lalu dipertemukan. Lalu karena kita memanglah cucu sang Adam maka kitapun mengikuti jejaknya. Mengitari bumi hari demi hari berharap suatu ketika kita yang tak pernah saling mengenal akan bertemu pada satu titik yang sama.

Dan kita dipertemukan.

Kita bertemu.

Setelah 25 tahun saya tinggal di bumi, setelah 27 tahun kamu di bumi. Akhirnya kita bertemu.

Kita bertemu pada satu titik yang sama.

Terlalu lamakah saya muncul di depanmu? Atau terlalu cepat?

Saya belum bertanya hal itu padamu hingga saya tak tahu jawabnya untuk saya ulas pada tulisan saya ini. Namun bagi saya, kamu bukanlah sosok yang datang terlalu lambat atau terlalu cepat, kamu datang di saat yang tepat.

Tepat untuk kita bertemu. Tepat untuk kita belajar mencintai. Tepat untuk kita bergerak maju menyempurnakan separuh agama.

2 thoughts on “Tepat

Leave a Reply

