Istikharah: Gak Melulu Soal Menikah Saja

Meski saya pernah berasumsi kalau shalat istikharah itu shalat yang kita lakukan kala kita bingung memilih di antara dua pilihan seperti cerita saya di sini. Namun, saya tahu pasti shalat istikharah gak melulu soal galau karena mau menikah. Meski shalat istikharah identik banget ama shalat akibat galaunya orang yang bakal menikah.

Seorang teman, pernah curhat sama saya tentang bingungnya ia memilih berkarir atau berbisnis. Penyakit temen saya ini plin-plan. Plin plan level parah malah. Sekalinya ia pengen berbisnis etapi lalu dia malah masih jadi job seeker. Pas udah dapet kerjaan eh dianya galau lagi pengen fokus di bisnisnya yang memang belum membuahkan hasil karena baru dirintis.

Sebagai seorang teman yang bersedia mendengar keluh kesahnya saya lalu menyarankan ia agar beristikharah. Namun dari tanggapan dia atas ucapan saya, saya menangkapnya ia malah mengabaikan saran saya. yaaah. Mungkin menurutnya istikharah gak cocok menjadi solusinya kali ini. Ya gak apa juga siy. Kalau gak mau istikharah, tahajud juga bisa. Sama-sama shalat sunah untuk berserah pada Allah toh?

Banyak banget yang nganggep shalat istikharah hanya semata untuk perihal menikah. Padahal keputusan yang kita ambil dalam hidup gak cuma menikah, kan? Ada keputusan tentang berkarir atau keputusan tentang suatu hal yang berhubungan dengan pilihan yang beragam yang akhirnya memengaruhi hidup. Pokoknya keputusan berat, lah. Jangan juga mau mutusin makan siang di mana pake istikharah segala.

Saya pernah menggoda seorang teman saya yang bingung atas keputusannya. Keputusan sederhana memang, tentang perihal baju apa yang akan dia kenakan untuk suatu acara. Saya mencandainya dengan mengatakan, “Ya udah. Kamu shalat istikharah aja dulu. Biar tau mau pake baju apa,”

Saya bercanda ya. Gak maksud juga agar dia beneran istikharah hanya karena perkara kecil milih baju. Tapi lalu dia menjawab, “Ya ampun. Udah kayak aku mau nikah aja lah sarannya.”

See? Lagi-lagi istikharah dikaitkan dengan menikah, kan?

 

 

Etapi… mungkin dia juga sedang bercanda kan, ya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s