Moment yang Menjadi Datar

Tetiba saya ingat, saya punya teman semasa kecil yang hari ulang tahunnya tepat bersamaan dengan saya. Tanggal, bulan, dan tahun yang sama persis. Lalu kedua Ibu kami juga sempat membandingkan siapa yang lebih dulu lahir. Ternyata teman saya itu lebih duluan lahir beberapa jam di banding saya.

Saya mengenalnya sejak SD, tak ingat kelas berapa persisnya. Tapi setiap kali ulang tahun saya selalu ingat, kalau di hari saya ulang tahun ada seorang perempuan lainnya yang juga sedang berulang tahun. Sejak SMP saya tak lagi bermain dengannya karena keluarga saya pindah rumah. Tapi saya masih mengingatnya sampai SMA.

Setelah itu boro-boro saya ingat ada orang lain yang berulang tahun sama persis kayak saya, ulang tahun sendiri aja saya beberapa kali lupa.

Ulang tahun tak menarik lagi bagi saya. Hari ulang tahun bukan lagi hari yang saya nanti. Sejak berada di tahun terakhir kuliah, saya mulai biasa aja sama moment ulang tahun. Dan melewati hari ulang tahun dengan perasaan yang datar. Paling cuma senyum dikit ketika ada yang menyalami saya dan memberi selamat. Mendapat kado-pun tak se-excited dulu saya terima. Senang siy, tapi hmmm… seperti tidak begitu menarik lagi.

Malah sejak lulus kuliah saya cenderung lupa sama umur saya. Kalau saya harus mengisi biodata dan menulis jumlah umur, maka tak spontan saya isi. Saya mengambil jeda dengan menghitung umur saya dari tahun saya lahir. Ya, saya kerap lupa.

Bukan menolak fakta bahwa tiap harinya saya makin tua, hanya saja perkara usia, ulang tahun sudah menjadi urutan ke sekian-sekian menjadi hal yang saya pikiran di otak saya setelah ini dan itu yang lebih penting bagi saya, keluarga saya, masa depan saya dan hidup saya.

Aah..

Apakah saya sdah terlihat membosankan? Apakah ini pertanda kalau saya sudah tua?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s