Zahla, kak. Bukan Zahla.

“Nama saya Zala.”
“Zala udah sekolah belum?” saya bertanya lagi sesudah menanyakan namanya.

“Zahla kak, bukan Zala.”

“Ohiya, Zahla.”

“Zahla, kak. Bukan Zahla,”

Nah loh? Saya masih salah nih nyebut namanya. Lalu seseorang tertawa. Seorang perempuan, tantenya si anak kecil bernama Zahla itu.

“Dia gak bisa bilang ‘R’, Tan. Namanya Zahara, jadinya Zala,” ucap sang tante tertawa.

“Oh.. Zahara, kirain tadi Zala,”

 

Huruf R. Tidak semua penduduk bumi ini bisa melafalkan huruf R dengan tepat. Termasuk anak kecil itu. Sayang sekali, ia tak bisa mengatakan huruf R padahal namanya menggunakan huruf R. Tapi belumlah kita bisa terlalu risau. Umurnya belum 4 tahun. Seiiring dengan beranjaknya usianya dan latihan yang terus menerus insyaallah kelak ia akan bisa melafalkan namanya dengan lantang. Zahara.

Dulu ketika saya TK, ibu saya ketakutan kalau saya juga menjadi anak yang gak bisa melafalkan huruf ‘R’, jadinya di setiap kesempatan kala saya tengah senggang Ibu saya selalu mengingatkan saya untuk terus berlatih melafalkan huruf R.

Ular Melingkar di Pagar Pak Umar.

Atau.

Rrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr…

 

Yah.. begitulah saya. Tak lama kemudian huruf R sudah menjadi biasa saya ucapkan.

 

 

7 thoughts on “Zahla, kak. Bukan Zahla.

  1. Kadang ortu yang mencadel2kan bicaranya ke anak juga bisa ngaruh ya Tan.. Kaya ‘Dek, yuk tidul dulu. Mama bikinin cucu ya..’ apalagi skarang tambah ciyusmiapahenelan dan antek2nya😆

    Hi3.. 2 adikku jg smpe sekarang ‘R’ nya ga jelas😆

  2. hihihi,.. saya termasuk agak cadel kalo ngomong cepet, kaya seminar, interview dll… apalagi nyanyi… udah cadel, fals pula…😆

    gara-garanya lidah saya yang cenderung lebih pendek

Leave a Reply

