Merindukan Hujan

Sejak awal bulan Ramadhan, bumi aceh kering kerontang, panas membara, dan ini membuat para manusia yang tengah berpuasa berjuang sekuat tenaga menahan dahaga dan gerah yang luar biasa. Lebay? Okeh. Tapi emang gitu deh, sebagian besar yang dirasakan orang. Mau keluar rumah di jam 10 sampai 4 sore itu males bangeeeet. Mataharinya kenceng banget sinarnya.

 

Kemarau melanda Aceh. Pada hari Sabtu pekan lalu, masyarakat Aceh mengadakan Shalat Istisqa agar hujan mengguyur kota yang kemarau ini.

 

Minggu hujan belum turun.

Senin. Adik saya mulai galau dan terus berharap hujan turun. Iya. Soalnya kalau siang panasnya itu bikin gerah banget.

Selasa, belum juga padahal kota-kota di sekitar Banda Aceh udah mulai turun hujan. Ah.. Banda Aceh belakangan kali, secara berada paling ujung😀

 

Lalu kemarin, saat kumandang adzan pada saat berbuka puasa di malam ke 26 rintik hujan pertama akhirnya datang. Sepertinya orang-orang pada mulai senang. Tapi…

Rintik kecil itu hanya berlangsung selama 5 menit.

Bersyukur. Daripada gak ada.

Tadi siang, hujan tak datang. Kota Banda Aceh tetap panas menyengat. Baru malam hari, rintik kecil kembali datang.

 

Yah, ini jadikan pelajaran saja, jangan selalu suka ngeluh. Hujan ngeluh, panas ngeluh. Disyukuri aja apa yang dikasih sama Allah, init oh belumlah adzab yang seberapamana dibandingkan adzab yang akan kita terima kelak di hari akhir. Wallahu’alam.

 

Percakapan kecil terjadi antara saya dan adik saya.

Adik: Kak, kasihan kali ya jadi ban motor.

Saya: Kenapa?

Adik: aspal tu kan panas kali psti pas siang-siang, kan? Sedangkan ban motor tu terus aja putar-putar ngelindes jalan raya. Panasnya pasti nauzubillah. Kalau ban motor bisa ngomong pasti dia gak mau tu diajak muter-muter Banda Aceh. Panas.

Saya: (bengong)

Malamnya.

Saya: Lia, andai besok siang ujan Liam au gak jadi ban motor?

Adik: Gak mau. Mending Lia tidur di rumah, jadi manusia.

Saya: Oooh…

#absurd

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s