Secukupnya

Masih soal memasak. Tempo hari kan saya ada tuh ngadu ama pacar soal nasi goreng gagal saya. Nah, demi suatu hari kelak dia gak keracunan karena terpaksa makan masakan saya dia nyuruh saya gugling resep-resep sederhana dim bah gugel agar saya bisa belajar masak. Saya keberatan. Menolak terang-terangan. Alasan penolakan saya adalah saya males baca resep yang gak jelas. Semisal gini, ‘lalu tambahkan garem secukupnya’. Saya paling muak dengan kata’ secukupnya’ pada resep masakan.

Kenapa sih, itu resep gak yang jeles aja bikinnya, misalnya satu sendok the, seujung sendok, atau sebaskom garem sekalian. Kenapa mesti secukupnya?

Kenapaaaaaaa?onion-emoticons-set-5-54

Secukupnya itu kayak mana?

Cukup banyak?

Cukup dikit?

Cukup satu mangkok?

Atau cukup bikin mati satu RT?

Kagak jeles, cuy. Makanya saya gak suka.

 

Si pacar ngasih jawaban, ‘ya secukupnya menurut feeling kamu lah’.

Ya elaaaa.. feeling saya aja suka lupa narok garem saat bikin telur dadar gimana caranya tau secukupnya itu kayak mana?

Gimana kalau secukupnya itu kebanyakan? Gimana kalau kedikitan?

“Kamu rasa dong,” gitu jawab si pacar.

Ya elaaaaa, saya juga gak ahli soal rasa merasa, saya sering gagal. Teringat saat saya lagi datang bulan di bulan puasa, ibu saya nyuruh saya icip-icip masakannya karena saya gak puasa agar nanti layak makan bagi orang-orang yang berbuka. Tau apa yang terjadi? Seringnya itu masakan hambar. Untung saya gak kena tampar.

 

 

See?

Kasih tau yang jelas aja kenapa sih? Kenapa mesti secukupnya?

 

“Masak itu pakai feeling, sayang,” pacar saya akhirnya nyerah ngasih jawaban masuk akal kepada saya.

Aaah.. bagaimana saya tau soal feeling-feelingan dalam memasak kalau emang saya masih lupa bedakan jahe sama lengkuas.

“Tapi kamu tenang aja deh, sekarang saya emang gak bisa masak. Tapi kelak saya pasti bisa masak dan kamu gak bakal boleh jajan di luar,” ucap saya meyakinkan pacar.

“Yakin tuh aku gak keracunan?” dia meragu

“Yakin. Kan entar aku beli dulu makanannya di warung, aku tinggal angetin aja,”

Ehh??

 

*heningsampepulsahabis*

2 thoughts on “Secukupnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s