Kepada Kamu

1 tahun lalu.
Kamu dan aku bertengkar. Wajahmu sendu akibat aku yang terlalu belagu. Ketika menyadari aku salah, aku tau itulah saat yang tepat aku menggenggam tanganmu dan meyakinkanmu bahwa semua akan baik-baik saja. Nyatanya seperti katamu, aku ini perempuan dengan kadar gengsi terlalu berlebih. Aku terlalu gengsi meraih tanganmu dalam genggamanku untuk kuyakinkan. Akhirnya kamu pergi.

Kemarin.
Tepat satu tahun setelah kejadian itu. Di kota berbeda, di tempat berbeda, dengan lelaki berbeda, yang sama hanyalah suasananya. Di depanku ada dia, dengan tatapan sendu dan wajah yang pernah kuhapal tercetak di wajahmu. Dengan pertengkaran yang juga dikarenakan aku. Karena aku terlalu angkuh.
Bila dulu dalam otakku aku menimbang-nimbang apakah tanganmu harus kugenggam, kemarin aku berusaha sekuat tenaga mengalahkan gengsi agar tangan itu mampu kugenggam. Mampu kuyakinkan padanya bahwa semuanya akan baik-baik saja.
Akhirnya tangannya kugenggam. Gengsiku kuenyahkah. Dan dia tak pergi dariku.

Mungkin benar seperti katamu, orang-orang yang hadir di hidupku setelah kamu mestinya harus berterima kasih padamu. Karena setidaknya aku tak memperlakukan mereka seburuk aku memperlakukanmu. Karena denganmu aku belajar. Bahwa kepergianmu dariku memang mutlak salahku.

7 thoughts on “Kepada Kamu

Leave a Reply

