Hukum KPTS

Kemarin, ketika kembali ke kostan sepulang dari liburan saya disambut dengan suasana tegang di kostan. Suasana tegang tersebut ternyata bermula karena Big Boss sedang menelepon salah satu teman kost-an sekaligus rekan kerja saya perihal laporan audit yang memang mesti kelar akhir bulan ini. Lengkingan bos berupa amarah karena si temen saya salah menggunakan EYD yang benar. Amarah itu terjadi karena si temen menulis kata ‘mempengaruhi’ yang mana menurut si Boss yang benar adalah ‘memengaruhi’.

Temen kost saya satu lagi memberitahukan apa yang tengah terjadi pada saya ketika saya bengong mengamati situasi yang terjadi. Kedua temen saya keukeuh kalau yang benar itu ‘mempengaruhi’ bukan ‘memengaruhi’. Lalu demi meluruskan keadaan dan aksi ngotot-ngototan saya katakan bahwa boss kami sudah benar, hal ini dikarenakan adanya Hukum KPTS.

Ada yang masih inget soal Hukum KPTS. Inget donk pastinya. Sebagian besar kita ingat dan sadar penggunaan Hukum KPTS tersebut. Hanya saja kadang kala kita meluputkannya dari ketikan jemari kita kala menulis kata ‘mempengaruhi’ dan ‘mempunyai’ yang mana seharusnya, ‘memengaruhi’ dan ‘memunyai’.

Mungkin bagi kita karena pelafalan ‘mempunyai’ lebih enak diucapkan ketimbang ‘memunyai’, akan tetapi hukum tetaplah hukum. Jujur saja kadang saya suka nakal juga tetapi kebenaran tetaplah harus ditegakkan bukan?

Maka, bagi kita yang sedang belajar menulis, mungkin iya, tulisan kita bersifat ringan jadi bisa saja kita gak terlalu perduli akan EYD, tapi mungkin kelak akan ada hari dimana kita harus menulis secara baik dan benar. Jadi, tidak ada salahnya kan kalau kita lebih jeli memerhatikan hingga gak terus menerus salah kaprah?

Hukum KPTS adalah hukum yang membuat kata kerja berawalan K, P, T, dan S menjadi lebur ketika mendapatkan imbuhan me, mem, meng (CMIIW).
Contoh:
pengaruh= memengaruhi
sapu= menyapu
tilang= menilang
kayuh= mengayuh

Namun ada kalanya peleburan tersebut tidak berlaku apabila kata kerja K, P, T, S huruf keduanya diikuti dengan huruf konsonan juga.
Contoh:
Proses = memproses bukan memroses

Baiklah..
Mohon koreksinya kalau saya salah ya🙂

4 thoughts on “Hukum KPTS

Leave a Reply

