Punya Kakak

Di Jakarta, saya kan ngekost bareng 2 teman dari Aceh. Mereka adalah dua perempuan yang usianya lebih tua dari saya. Yang satu Kak Yun, berusia 4 tahun lebih tua, satunya lagi Kak Julpit 6 tahun lebih tua. Meski sempat ada konflik tapi nyatanya ngekost bersama mereka seakan-akan saya mempunyai kakak. Ya. Kakak adalah sosok yang gak pernah ada dalam hidup saya.

Apa yang membuat saya benar-benar ngerasa kayak adik?

  1. Kak Yun selalu membangunkan saya untuk shalat shubuh. Kata Mami saya paling susah untuk dibangunin kalau shalat shubuh. Nah, Kak Yun merupakan pengganti Mami yang tepat. Kak Yun gak bakal tidur lagi sebelum saya bangun untuk shalat.
  2. Kak Yun selalu mencari saya ke loteng kost-an kalau ketika magrib telah tiba tapi saya-nya masih asyik teleponan.
  3. Kak Yun, gak membiarkan saya pergi sendirian untuk menjelajahi Ibukota. Ketika saya mepet benar mau benerin laptop dan mau pergi sendirian, Kak Yun bersedia temani meski memang pergi ke Mangga Dua itu nyebelin banget. Naik bus Transjakarta arah sana pasti penuh.
  4. Kalau saya mau pergi sama temen saya di Jakarta ini, saya mesti minta ijin dulu sama Kak Yun. Dan Kak Yun bakal tanya saya mau kemana dan sama siapa. Hemm.. berasa banget perhatiannya.
  5. Kak Julpit sosok yang dewasa juga. Ketika pernah saya pulang kemalaman pergi sama temen. Beliau menghubungi saya untuk tau saya ada dimana.
  6. Kak Julpit orang yang mengatur segala kebersihan dan ketertiban rumah.

 

Yah.. itulah mereka. Saya bener-bener kayak anak kecil jadinya. Udahlah saya memang ada tipikal manjanya dihadapin sama orang-orang dewasa ini saya bener-bener kayak adik mereka.

Sebutan saya ‘adik’ kalau di rumah. Nyatanya, mereka bilang, “Intan bener-bener adek deh kayaknya”. Maksudnya untuk menjelaskan betapa saya ini terlihat banget manja dan mesti dituntun.

Kontribusi saya untuk mereka apa ya? Kadang saya mikir saya ini gak berguna bagi mereka. Hanya mereka yang terlihat jelas berguna bagi saya.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s