Umur Segini

Di umur ‘segini’ saya paling gak suka mendengar statement yang ditujukan untuk saya yang bunyinya:

 

Umur kita tuh udah bukan untuk main-main lagi, Tan.

Atau

Umur segini tuh bukan untuk menjalani hubungan yang main-main atau gak jelas lagi.

Atau

Menjalani hubungan gak jelas itu udah bukan umur kamu lagi, Tan.

Atau

Segala macam kalimat yang selalu mematok soal umurlah.

 

 

Seorang teman mengomentari demikian. Lalu datang 2 orang teman lain. lalu ada tiga lagi yang memberi komentar demikian. Terakhir yang membuat saya terkejut adalah ketika saya dapati kalimat itu tercetus dari seorang teman dekat yang sama gilanya seperti saya. Yah, meskipun belakangan saya sadar kegilaan itu telah berubah atau yah setidaknya dia menjalani jalan waras yang benar dan saya tetap saja berada di kehidupan yang masih ‘abu-abu’ soal waras atau gila.

 

Saya paling gak suka dengan anggapan kalau menikah itu tuntutan umur. Ya, saya syebel sama stereotip yang sangat berurat darah di Aceh soal menikah karena umur. Apalagi yang katanya ‘di umur saya yang segini’ emang saya udah terlalu tua apah? Masih 23. Masih bisa ngapa-ngapain sebelum menikah. Masih punya minimal 3-4 tahun lagi untuk menikah. Lantas, kenapa harus mengecilkan hati saya dengan umur yang bahkan seperempat abad aja belum saya miliki?

 

 

3 thoughts on “Umur Segini

  1. kalo saya sih bukan takut masalah menikah ketuaan tapi jika menikah pada umur yang terlalu tua saya takutnya susah mendapatkan momongan atau nanti usia saya terlalu tua untuk menjadi ibu dari seorang anak TK…

    muahahahhahaha

    saya lebih tua kok dari kamu dan masih galau karena belum menikah 😀

  2. soal umur dan susah mendapatkan anak itu kegalauan lain lagi yak 😛
    saya pengen nikah di usia 28 tapi pengen punya anak 4. kejar tayang dong entar :))

    yah..
    semoga jodoh kamu dimudahkan. dan bisa segera menikah, amiin 🙂

Leave a Reply

