R-I-W-I-L

Saya: Yah.. apa urusannya coba. Bahkan dia adalah orang diluar cerita. Heran deh sama orang kayak gitu.

 

Temen: Yah.. gak usah heran. Perempuan emang kayak gitu. R-I-W-I-L. Nah, kalo kamu ngerasa heran sama tabiat yang kayak gitu. Itu karena kamu setengah perempuan. Nah, kalau kita jarang riwil kayak gitu. Itu karena kita setengah perempuan.

 

Saya dan Temen: *ngakak* (menyadari menjalani hidup aneh dengan beragam komentar yang mengatakan kami: Manusia Setengah Perempuan)

Riwil. Yah.. betapa banyak manusia yang riwil atas urusan manusia lainnya. Padahal keriwilannya itu gak membuatnya kaya atau tambah cantik. Riwil hanya berupa riwilan semata. Tak lebih.

Perempuan yang paling hobi riwil. Mungkin saya juga pernah riwil. Tapi seingat saya juga, saya lebih suka memasabodohi hal apa saja yang tidak ada urusannya sama saya. kata Ibu saya, saya ini kurang bersosialisasi orangnya. Tapi yah, kalau sosial kali malah mengundang ‘efek riwil’ buat apa coba?

Riwil. Heran sama orang yang riwil sama urusan orang lain. Menghujat. Menghina. Merendahkan. Membuat orang terpuruk.

Riwil itu hanya membuat sebuah senyum berubah sendu ketika hal yang dibahas menohok orang yang bersangkutan.

Riwil itu membuat semangat menjadi hilang asa ketika hal yang dibahas menohok orang yang bersangkutan.

Riwil. Kenapa kita harus riwil sama urusan orang lain?

Nah. Kalau dengan menjadi riwil kamu bisa menjadi kaya atau tambah cantik atau tambah ganteng, maka silahkan riwil. Tapi kalau keriwilan kamu tidak menguntungkan dirimu. Maka diam adalah tindakan yang lebih bijak.

Ada batasan antara menolong atau memberi nasihat dengan mencampuri urusan orang lain. maka, perhatikanlah baik-baik perbedaan dan batasan-batasan itu, agar kita gak dicap RIWIL.

One thought on “R-I-W-I-L

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s