Ini tuh, Jadi Pengingat

Saya pernah mengenal seseorang yang menurut saya sangat idealis. Sangat berpikiran positif. Sangat gampang menerima apapun segala macam riak kehidupan dunia ini. Yah.. orang yang positif. Saya mengenalnya begitu. Ah.. tidak. Saya mengenalnya begitu melalui tulisan-tulisannya.

Lalu..

Bertemulah saya dengannya.

Kecewa…

Dia tak sehebat itu. Dia tak sebaik itu. Dia tak seidealis itu. Bertemu dengannya dan berbicara dengannya seakan saya melihat sisi yang berbeda dengan apa yang selama ini saya imajinasikan dari rangkaian kata transformasi pola pikirnya.

Lalu..

Saya dapati diri saya kecewa

*nangis di pojokan kamar sambil gigit tisu

Pagi tiba, sinar mentar menerobos masuk melalui sela ventilasi kamar. Saya terbangun sehabis menangis semalam lalu dengan tiba-tiba suatu bisikan datang menyapa pagi saya. bisikan itu berkata, tentang mungkin dia tak sejelak yang saya temui, dan saya disuruh positive thinking tentang dia yang telah membuat saya kecewa. Karena toh gak ada manusia yang sempurna.

Ya. Akhirnya setelah saya kecewa melihat idola saya tak sehebat yang saya kira sebelumnya, saya mendapati diri saya beberapa waktu kemudian mulai menerima itu semua. Dengan pikiran yang tetap positif. Tetap berteman dengannya.

Okeh. Ilustrasi yang saya gambarkan mungkin sedikit lebay nan dramatis dan jauh dari kenyataan, adegan nangis di pojokan kamar itu asli bualan saya. Tapi intinya ya, saya memang sempat kecewa.

Sekarang balik ke diri saya. Tulisan-tulisan yang saya buat kebanyakan itu berupa transformasi dari opini dalam otak saya saja. bukan fiksi atau puisi. Saya hanya ingin membagi apa-apa isi kepala saya. dan jadilah tulisan saya seperti ini contohnya.

Saya menulis apa-apa isi pikiran saya bukan untuk mendapat banyak ‘like’ di catatan FB saya, atau agar blog saya dikunjungi.  Gak. Tujuan utama saya bukan itu. dan kalaupun itu yang terjadi, maka itu saya anggap sebagai ‘hadiah’ bukan tujuan.

Tujuan saya menuliskan apa-apa yang ada dipikiran saya murni hanya ingin berbagi. Kalau bagus diambil kalau jelek di buang si samudra atlantik. Dan syukur-syukur saya bisa mengajak orang untuk berbuat hal baik yang memang menurut saya baik atau menurut orang juga baik. (nah loh?)

Dan lalu, saya mendapati diri saya seperti berjanji pada diri sendiri bahwa saya gak ingin tulisan saya hanya berupa rangkaian kalimat yang bisa dibaca orang atau membuat orang berdecak kagum. Saya ingin lebih dari itu. saya ingin tulisan saya menjadi pengingat bagi saya aga saya tetap menjadi seperti apa yang pernah saya tulis. Dan kalaupun saya sempat khilaf, maka tulisan itu akan mengingatkan saya kembali untuk berbuat benar.

Ambil contoh ketika saya menulis, Cuma Berterima Kasih Saja. Disitu saya menulis sembari menuangkan isi pikiran saya. Disitu juga saya mengajak orang lain untuk berbuat serupa. Tapi yang paling utama adalah, disitu saya jadikan pengingat bagi diri saya agar gak cuma menuliskannya tetapi juga menerapkannya. Jadinya semua ini nyata. Benaran. Bukan buatan.

Karena kelak saya akan mendapat malu bila saya tidak berbuat seperti apa yang telah saya tulis.

Ada mungkin kita dapati beberapa orang yang kenal tulisannya gak mencerminkan keseharian hidupnya. Dan saya sungguh tak mau menipu seperti itu.

Tulisan bagi saya pengingat diri sendiri. Kaca spion yang membimbing saya untuk terus dapat berjalan sesuai jalur yang benar.

4 thoughts on “Ini tuh, Jadi Pengingat

  1. Yap, tulisan yang dibuat seharusnya bisa menjadi pengingat si penulisnya dikala kita mendapat masalah, apalagi jika masalahnya persis dengan tulisan yang kita buat..

    ~the best of sharing, is to inspire..

    best regards,
    sangterasing

Leave a Reply

