Satu Kata: Bah!

Suara Rihanna berteriak di kuping saya. Ini kali kedua handphone saya berdering nyaring minta diangkat setelah yang pertama adalah dari oom saya yang tanya kemana ayah saya karena handphone ayah saya mati (ya mati, entah karena bunuh diri entah dibunuh). Di layar tertera sebuah nama rekan kerja saya. Walaupun masih setengah sadar saya tau ini pasti masalah kerjaan, karena gak mungkin rekan saya itu nelpon tanyain nomor sepatu saya berapa.

Saya jawab telepon dengan suara yang saya usahakan gak terdengar seperti orang baru bangun tidur. Gila aja, jam menunjukkan pukul 11.46 tapi saya masih molor dengan jumawanya. Demi menjaga harkat martabat maka saya belagak udah bangun tapi kayaknya gak ngefek. Pasti rekan saya itu tau kalau saya bangun karena teleponnya.

Rekan saya bilang, Pak Direktur minta data tiket-tiket perjalanannya dia yang saya simpen di laci meja kerja saya yang kuncinya saya simpen di rumah. Dan saya disuruh ke kantor sekarang juga. Happaaaaaaaaaaaaa? Ini kan libur……
Kantor saya kan sedang libur….
Bener-bener libur selama bulan puasa.
Dan saya disuruh datang ke kantor hanya untuk ngasih secarik kertas data tiketnya?
Bah.
Bah!
Bah!

Lihat situasinya.
Saya baru bangun. Belum mandi. Jam menunjukkan pukul 11.48. hari Jumat. Gak ada satupun motor dirumah, jadi saya gak bisa minta antar sama adik saya. Naik labi-labi bakal memakan waktu setengah jam kesana.
Saya berusaha mengatakan kepada rekan saya supaya batal aja nyuruh saya ke kantornya. Tumben, rekan saya ini bernada serius dimana biasanya dia sering bercanda. Hal ini menunjukkan saya mesti ke kantor sekarang juga dan dia ngasih ide agar saya naik becak. Bah.
Bah.
Bah.
Saya mesti ke kantor. Jadi saya mandi dulu.

Selesai mandi yang ogahan-ogahan saya pakai baju dan siap-siap untuk ke kantor. Setelah di depan pintu rumah saya balik lagi ke kamar ngambil jam dan gelang. Aksesoris wajib. Saya bisa merasa gak enak seharian di luar rumah kalau gak ada benda yang memberatkan kedua pergelangan tangan saya itu. setelah itu saya buru-buru keluar rumah. Lewat jalan belakang, ketemu jalan raya, dan hampirin becak yang mangkal. Ya saya naik becak ke kantor demi hemat waktu gak hemat uang. Ya..tadi sebelum pergi saya asal aja ngecek uang di dompet. Ada dua lembar uang 5 ribuan dan beberapa lembar uang seribu yang gak saya hitung jumlahnya. Yang penting cukuplah buat ongkos.

Di becak saya menyadari saya memakai gelang dan jam di tangan yang kebalik. Tuh kan. Saya masih ngantuk. Jam di tangan kiri dan gelang di tangan kanan. Gak boleh tertukar.

Abang becak bawanya ngebut. Kayaknya dia tau saya buru-buru. Aah.. atau dia malah juga mau ngeburu salat jumat ya? Entahlah.. yang jelas di saat di becak saya inget saya punya janji dengan teman saya untuk chating begitu saya bangun tidur, saya sms dan saya katakan kepada teman saya batal karena saya mesti ke kantor sekarang. okeh. Dengan nada ngedumel sebenernya.

Nyampe kantor saya mendapati rekan kerja saya yang menelepon saya dan Pak Direktur ada disana. Langsung aja saya ke meja saya dan memberikan data yang diminta ke Pak Direktur. Setelah beberapa menit saya ijin pulang. Ya saya cuman ngasih data itu dan pulang. Cuman 5 menit saya di kantor.
Bah.
bah.
Bah.
Pulang. Liat dompet. Ternyata uang gak cukup buat naik becak lagi. Udah jam 12.28. Saya takut gak ada labi-labi lagi kalo jam segini. Telpon orang rumah juga percuma, motor gak ada dirumah. Karena motor sedang dipakai oleh semua anggota rumah yang lelaki untuk salat jumat. Bah!
Bah!
Bah!

7 menit tunggu. Ada labi-labi. Saya naik. Dan membawa saya sampai dirumah lagi dengan mata yang masih mengantuk. Ya.. gak ada bedanya dengan ketika saya bangun tidur tadi. Yang beda mungkin wajah saya lebih bersih karena saya udah cuci muka dan make sedikit bedak.

Bah.
Bah.
Dalam perjalanan di labi-labi saya mikir. Untuk situasi darurat dan dadakan seperti ini saya mengutuk diri saya yang gak bisa bawa motor. Ya.. benar-benar mengutuk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s