Mati Itu Pasti

Saya punya abang yang usil dan seorang adik yang super amat penakut.

Cerita punya cerita abang saya mimpi. Ia bermimpi kalau adik saya meninggal. Si Abang ceritain mimpinya ke Ibu saya dan ke adik saya. Adik saya pitam. Marah dia sama abang saya karena abang saya mimpiin hal jelek untuk dia. Abang saya makin menjadi, setiap hari dia takutin adik saya.

Sebenernya adik saya ini emang level takutnya tingkat dewa. Oh… saya sedang mengisahkan tentang adik perempuan saya yang tomboy itu ya. Tonboy tapi penakut. Ya itulah dia. Ketakutannya kadang terlalu menyebalkan.

Adik saya ini gak bakal mau mendengar apapun soal mati atau kiamat. Dia takut.

Nah, karena adik saya marah sama abang saya soal mimpi tersebut maka saya katakan ini kepada adik saya.

“Sebenarnya soal mati itu, bukan orang yang mati yang mesti susah. Tapi orang yang ditinggalkan sama orang mati.”

Maksud saya ngomong gitu adalah. Misal nih ya, kalau adik saya yang mati. Spontan urusan dia sama dunia terputus. Dia gak perlu mikir apa-apa lagi, tinggal mempertanggungjawabkan perbuatannya sama Tuhan aja. Tapi bagi yang ditinggal mati inilah yang susah. Kita gak usah bahas soal memandikan, mengafani ataupun menguburkan. Itu kewajiban. Tapi ada hal selain itu.

Hal itu adalah perasaan kehilangan. Ya, kalau misalnya adik saya meninggal otomatis kami sekeluarga akan merasa sedih. Seperti yang saya katakana kepada adik saya, “Kalau Lia meninggal, yang susah itu kami. Karena kami akan kehilangan Lia. Apalagi kakak, gak ada lagi yang bisa antar jemput kakak”

Jadi, kenapa harus takut menghadapi kematian? Semua akan mati cepet atau lambat. Yang harus kita takutkan itu adalah apakah amal ibadah kita sudah cukup untuk dibawa mati?

Ya itu. Pikirin amal ibadah aja. Ingat-ingat lagi berapa banyak dosa yang udah dibuat. Itu aja. Dan akhirnya mati itu pasti.

Lagian katanya pengen masuk surga. Langkah pertama masuk surga ya harus mati dulu, kan?

One thought on “Mati Itu Pasti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s