Derita Akhir Bulan

Saya boleh sombong dulu. Lebih tepatnya boleh sombong sekaligus menyedihkan.

Saat masih sekolah dan kuliah dulu, saya 100% menjadi tanggungan orang tua, bagi saya awal bulan dan akhir bulan sama saja. Kalau lagi kere ya kere aja. Kalau lagi kaya ya kaya aja. Kaya atau kerenya saya tergantung kaya atau kerenya kondisi keuangan orangtua saya. Saya gak ngerti perkara awal bulan dan akhir bulan. Saya gak tau bahagianya awal bulan dan deritanya akhir bulan. Sama saja. saya dikasih uang jajan sama orang tua saya perhari. Beda dengan teman-teman saya yang dikasih uang jajan di awal bulan untuk kebutuhan sebulan lamanya.

Untungnya dikasih uang jajan kayak saya adalah setiap hari pasti ada uang. Susahnya adalah, uang itu uang harian yang pas-pas untuk sehari jadi kalau saya menginginkan sesuatu yang harganya lumayan mahal selain meminta langsung kepada orang tua untuk dibelikan pilihan lainnya adalah saya harus menabung dengan cara menyicil uang jajan saya setiap harinya.

Lain batu lain karang. Lain dulu lain sekarang.

Sekarang kebutuhan harian saya, saya biayai sendiri. Dan sekarang saya amat sangat tau deritanya akhir bulan dan nikmatnya awal bulan.

Saya ini udah sedeng. Ngeliat kalender udah jadi rutinitas harian. Berharap minggu segera berganti menjadi tanggal 30 setiap bulannya. Saya selalu menanti-nanti datangnya awal bulan. Herannya awal bulan singkat. Akhir bulan panjang. Ya mu gimana, akhir bulan bagi saya sejak tanggal 15. Ya selama setengah bulan setiap bulannya (baru 3 bulan sih) saya udah gabuk sama tanggal 1. Tanggal 1. Oh tanggal 1.

Kere oh kere…
Sekarang saya mengerti dengan teramat sangat harapan orang-orang akan awal bulan. Gaji baru semangat baru.

Ini masih tanggal 19. Masih ada 11 hari lagi menuju tanggal 1. Kuatkan hambu-Mu ya Allah…

Leave a Reply

