Pertaruhan Rasa Kacang Panjang

Kacang panjang gak salah. Aku saja yang tak menyukainya. Aku saja yang gak bisa memakannya. Kendati aku termakan kacang panjang, serta merta aku langsung memuntahkannya kembali. Lidahku menolak. Perutku enggan dimasuki kacang panjang.

Berbeda dengan sayuran lainnya. Kadang kala aku ingin rasa dan mencobanya sedikit. Pun tidak enak aku tidak memuntahkannya, aku menelan dengan susah payah. Sebut saja kol atau bunga kol. Ya.. intinya aku tak menyukai sayuran dan kacang panjang adalah musuh bebuyutanku.

Saat ingin menjalani hidup kita pasti sering membuat keputusan ini dan itu. Keputusan yang semoga aja menjadi keputusan terbaik. Kala aku memutuskan sesuatu aku pasti sudah menganalisis terlebih dahulu konsekuensinya. Aku jarang mau terjun kalau aku tau aku bakal jatuh. Seperti takut akan resiko. Ya.. katakanlah seperti itu. Hidup ini penuh resiko maka aku berusaha mengecilkan volumenya yang akan berdampak pada hidupku. Sebisa mungkin resiko sistematis aku turunkan dan resiko fundamental aku hindari.

Tapi kini logika seakan ingin berjudi. Keputusan yang ku ambil merupakan judi. Tak aku ketahui hasilnya. Tak bisa aku analisis untung-ruginya. Kali ini seakan otak letih berpikir dan memutuskan berjudi.

Hal yang aku pertaruhkan rasanya seperti kacang panjang. Sayuran yang tak bisa aku terima berada di mulutku. Tapi kini aku menipu diri. Aku mengatakan itu mungkin bukan kacang panjang. Karena bisa jadi ini hanya buncis. Atau ini memang kacang panjang tapi rasanya seperti wortel. Atau bila ingin jujur, ini memang kacang panjang dan memang rasa kacang panjang yang tidak hanya harus aku lihat, tapi juga kunyah, merasakan gak enaknya untuk kemudian bisa masuk ke dalam lambungku. Untuk kemudian menjadi bukti aku gak bakal mati hanya karena memakan kacang panjang.

One thought on “Pertaruhan Rasa Kacang Panjang

Leave a Reply

