Malaikat Bukan, Iblis Bukan

Saya tau, makhluk seperti Kamila (tokoh utama Kemilau Cinta Kamila) itu gak ada. Gak ada orang dengan kadar kebaikan dan kesabaran 100%. Herannya, dengan pola pikir seperti itu saya masih saja naïf. Saya menganggap orang baik itu ada. dan bila orang baik itu adalah teman kita sendiri maka ia pasti akan seperti malaikat untuk kita.

 

Saya pikir, orang yang terlahir dengan perilaku terpuji dengan didikan dari orang tua yang baik maka ia akan selalu berbuat kebaikan. Ya dia memang selalu berbuat kebaikan dengan ramah dan santun lakunya, dengan ikhlas hatinya, bak malaikat.

 

Ya.. hanya seperti malaikat, bukan malaikat. Manusia namanya. Yang bisa berkilah dengan slogan ampuh “Tak ada manusia yang sempurna” kala berbuat salah. Tak saya pungkiri, hal itu memang benar adanya. Manusia tetap manusia sebaik apapun dia. Manusia bisa berlaku layaknya malaikat. Sebaliknya, ia pun bisa berlaku bak iblis. Manusia namanya. Punya dua sisi. Sisi malaikat dan sisi iblis.

 

Herannya walau saya tau hal itu, saya berpikir terlalu polos. Saya pikir, bila ada orang baik dan orang baik itu teman saya, maka dia akan selalu seperti malaikat. Dia gak akan tega menjadi iblis. Padahal manusia gak ada yang sempurna. Sempurna memerankan peran malaikat ataupun peran iblis. Manusia hanya manusia. Dengan slogan TAK ADA MANUSIA YANG SEMPURNA. Manusia hanya manusia, yang pasti berbuat salah. Pun betapa saya mengaguminya atas kebaikannya.

 

Ah ya, saya harus sedikit dewasa melihat dunia. Toh orang-orang juga seperti saya, punya rasa egois. Hanya kadarnya saja yang berbeda.

 

 

Leave a Reply

